contoh membuat bisnis roti



BAB I
URAIAN BISNIS

1.      .  Deskripsi Umum Perusahaan
Nama Perusahaan                 : Unggul Bakery
Tanggal berdiri                     : 1 april 2016
Alamat Perusahaan               : Jl. Palapa 7 
Jenis Perusahaan                   : Home Industry
Jumlah Karyawan                 : 15 orang
Produk                                  : Kue Modern
Email                                                : Unggulbakery@gmail.com

2.      Riwayat Perusahaan
Unggul Bakery merupakan perusahaan (home industry) yang bergerak dalam bidang pengolahan makanan (kue modern) yang dibentuk pada tanggal 1 april 2016.
3.      Visi dan Misi Perusahaan
1. VISI
Dengan berlandaskan iman dan taqwa UNGGUL BAKERY menjadi salah satu perusahaan yang paling maju, produktif, dan berkompetitif di Indonesia.                 
2. MISI
a.  Menciptakan tenaga kerja yang ahli dan kompeten serta memiliki imtaq dan iptek yang kuat.
b. Memuaskan konsumen.
c. Menjadi perusahaan yang terdepan di bidangnya.
d. Memperluas lapangan kerja untuk kemakmuran mahasiswa dan masyarakat sekitar tempat produksi pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya


4.      Struktur Organisasi

5.      Potensi Pasar
Bisnis cake sekarang ini memiliki potensi pasar yang sangat besar, terlebih variasi cake saat ini dapat digemari oleh berbagai kalangan. Dari anak-anak, remaja, sampai lansia pun dapat menikmatinya. Terlebih sekarang dengan adanya cake sehat yang terbuat dari sayur2an yang sangat cocok dikonsumsi batita dan lansia. Dan dengan seiring berjalannya waktu, kegunaan cake yang semula hanya untuk dikonsumsi, sekarang banyak digunakan untuk memeriahkan moment-moment seseorang, seperti satu bulanan bayi, anniversary, birthday, gift, natal, lebaran, valentine, sovenir party, dll. Sehingga potensi-potensi yang ada semakin tinggi mengingat pola konsumsi kansumen saat ini lebih menjurus kepada perhatian dari penampilan dan kecocokan pada moment-moment tertentu.

6.       Jenis Usaha yang Dikelola
UNGGUL BAKERY bergerak di bidang makanan yaitu pembuatan roti dan kue. Kami memilih usaha di bidang makanan karena usaha ini disesuaikan dengan kebutuhan dan dengan skill  yang kami miliki serta faktor pendukung yang memadai untuk megembangkan usaha ini.

7.      Jenis Usaha yang Direncanakan
Kami sepakat untuk membuat suatu usaha di bidang makanan yaitu pembuatan roti dan kue. Kami yakin usaha ini akan berkembang dengan baik karena kami sudah menjalin kerjasama dengan beberapa store roti dan kue serta dengan membuka store kue kami sendiri.
BAB II
URAIAN BISNIS

2.1. Product (1)
       Didalam bisnis cake ini, Unggul bakery memiliki beberapa product saat ini, antara lain:
Ø  Tart / mini tart
Ø   Cupcake
Ø  Pudding roll cake
Ø   Cookies dan kue kering
Ø  Egg tart asin dan manis
Ø  Pancake all varian

2.1.1. Specifikasi
            Unggul bakery memiliki beberapa ukuran cake, dari yang didalam cup sampai cake loyangan, dan sekarang juga ada bentuk cake yang dapat disesuaikan dengan keinginan konsumen.
Kami juga membuat berbagai variasi warna pada cake buatan kami sehingga dapat menarik perhatian mata konsumen ketika melihat-lihat cake kami. Dan kami juga sangat mengikuti perkembangan cake didunia yang saat ini lebih memainkan berbagai perpaduan warna, seperti rainbow cake, red velvet, ombre cake, dll.
Berbagai varian rasa pun kami sajikan untuk memanjakan lidah para konsumen kami, beberapa kami padupadankan beberapa varian rasa sehingga berbeda dengan cake pada umumnya, contohnya pudding roll cake, perpaduan pudding coklat dan strawberry yang dipadukan dengan lembutnya roll cake blueberry dan juga ada pancake yang dipadukan dengan ice cream lembut berbagai rasa yang mirip seperti cream padat tetapi memiliki tektur dan rasa yang berbeda dan tentunya rendah lemak.

2.1.2. Kemasan (2)
            Unggul bakery memiliki beberapa jenis kemasan ada yang terbuat dari mika transparent, dus karton tebal, gold karton dan kami menggunakan gelas cup tebal untuk puding dalam cup, dll. Kami juga memberikan berbagai asesoris seperti kartu ucapan, pita, dll.


2.1.3. Varian
            Unggul bakery memiliki banyak varian cake, dan salah satu varian cake yang menjadi andalan shop ini adalah brownies cupcake yang sangat lezat dan lembut, tidak seperti cupcake lainnya yang cenderung bertekstur lebih keras.

2.2. Price
       2.2.1. Harga Bahan Baku
                         Harga bahan baku yang dikeluarkan dalam setiap produksi cake berkisar 20 – 40%  dari harga jual.
       2.2.2. Harga Bahan Pendukung
        Harga bahan pendukung seperti kertas roti dan lain-lain berkisar 5-10% dari harga jual yang kami berikan.
2.2.3. Harga jual
Harga jual cake yang di tawarkan cukup bervariasi dan sangat terjangkau bagi berbagai kalangan , tetapi harga yang ada tetap selalu disesuaikan dengan tingkat kerumitan cake yang dipesan, karena setiap cake yang dipesan, dibuat sesuai keinginan pelanggan, antara lain berkisar :
Ø  Cupcake                                  : Rp 20.000 – Rp 25.000
Ø  Tart                                          : mulai dari Rp 110.000
Ø  Pudding cup                            : Rp 5.000 – Rp 8.000
Ø  Pudding loyang                       : Rp 120.000 – Rp 200.000
Ø  Kue kering dan cookies           : Rp 6.000 – Rp 60.000
Ø  Egg tart                                   : Rp 6.000 -  Rp 10.000
Ø  Pancake cup                            : Rp 7.000 – Rp 10.000

2.3. Place
        Unggul bakery berlokasi di Jl. Palapa 7 No. 31Jakarta Barat. Kami memilih lokasi tersebut, karenya tempatnya dekat dengan daerah pemasaran yaitu disekitar ssekolah-sekolah terkemuka, dan warung-warung yang dekat denan lokasi usaha tersebut.

2.3.1. Distribusi Product
Cake yang dijual di Unggul Bakery sebagian besar didistribusikan melalui online shop yang kemudian diantar melalui kurir khusus kue untuk daerah jabodetabek.
2.4. Promotion
Kami menggunakan strategi berpromosi melalui beberapa cara, diantaranya :
·           Dari hasil cake yang memuaskan pelanggan yang secara otomatis membuat pelanggan yang puas mempromosikan cake kami melalui mulut kemulut
·           Melalui teknologi yang ada
·           Melalui organisasi-organisasi yang kami kenal dan ikut berpartisipasi dalam acara -acara yang membutuhkan cake sehingga secara tidak langsung dapat mempromosikan cake kami.
Kami pun menggunakan berbagai media dalam mempromosikan produk di kami, diantaranya melalui :
·                     Media cetak, seperti iklan-iklan di majalah, melalui brosur-brosur yang diedarkan, dll
·                      Media online, seperti fanpage dan facebook, instagram, line, dll
·                      Media komunikasi, seperti bbm, mulut ke mulut, dll

2.4.1. Potongan Harga
      Kami selalu memberikan potongan harga pada bulan-bulan tertentu sesuai dengan moment yang ada. Sehingga pelanggan semakin tertarik dalam mengorder cake dishop kami. Dan juga kami selalu memberikan potongan harga pada setiap pelanggan tetap yang sudah lima kali melakukan order dishop kami.
2.5. Segmentasi
Segmentasi yang memungkinkan kelompok konsumen dalam mengkonsumsi produk kami adalah kelompok menengah, karena harga yang kami tawarkan dapat disesuaikan dengan kalangan menengah ke bawah maupun menengah keatas sehingga, berbagai kalangan dapat menyesuaikan cake dengan budget yang mereka miliki, dan kami manawarkan berbagai macam variasi yang tetap enak dan menarik bagi setiap konsumen sehingga mereka banyak memiliki pilihan cake yang tetap berkesan dan sesuai dengan kemampuan mereka.



2.6. Targeting
            Target pasar yang cenderung kami fokuskan untuk mengkonsumsi produk kami adalah kelompok menengah, baik menengah keatas maupun menengah kebawah dapat mengkonsumsi produk kami. Karena produk yang kami jual dishop ini sangat terjangkau dan dapat disesuaikan dengan kemampuan pelanggan sehingga pelanggan dapat memilih sendiri atau menyesuaikan kemampuannya dalam membeli dengan berbagai pilihan cake yang kami tawarkan. Dan juga kami tetap menjaga kualitas dan hasil akhir dari setiap produk kami. Sehingga pelanggan tetap puas walaupun harga yang dikeluarkan lebih kecil maupun lebih besar karena kami selalu menyesuaikan bentuk sederhana dengan harga murah sampai bentuk rumit dengan harga yang sesuai, tetapi tetap memiliki kualitas dan rasa yang terjaga baik.

2.7. Positioning
Image produk yang akan ditanamkan dibenak konsumen atau pelanggan kami adalah ” sesuai dan memuaskan”. Karena kami selalu memberikan produk yang sesuai dengan keinginan pelanggan sehingga pelanggan menjadi puas dengan produk saya.
     Tag-line yang saya berikan pada setiap produk di shop kami yaitu : ” anda adalah yang utama ”

Matriks Strengths, Weakness, Opportunities, and Threaths (SWOT)

Analisis SWOT merupakan suatu kerangka analisis yang terintegrasi antara internal perusahaan dan lingkungan eksternal, dengan membangun pendekatan SWOT (Assauri, 2013). Setelah mengetahui Unggul Bakery dan didapatkan inti strategi berdasarkan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, maka dapat diformulasikan alternatif strategi (Rangkuti, 2005). Berdasarkan analisis SWOT pada Tabel 5, terdapat 9 alternatif strategi yang akan digunakan oleh Unggul Bakery untuk mengembangkan usahanya, yaitu:

1. Strategi S – O (Strong-Opportunities)

a. Memperkenalkan dan memperluas pemasaran produk yang ada saat ini pada pasar baru

b. Meningkatkan kualitas produk

2. Strategi W – O (Weaknesses-Opportunities)

a.    Melengkapi label kemasan produk

b.    Melakukan perekrutan karyawan di bidang tertentu

c.    Meningkatkan mutu pelayanan

3. Strategi S – T (Strong-Threaths)
a. Meningkatkan kreatifitas untuk produk baru yang lebih diminati konsumen

4. Strategi W – T (Weaknesses-Threaths)

a.    Meningkatkan upaya pemasaran produk melalui kegiatan promosi yang intensif dan efisien

b.    Membuat website mengenai Unggul Bakery

c.    Membuat kemasan produk yang lebih menarik dari produk sejenis lainnya

Matriks SWOT dapat dilihat pada Tabel 5.




KEKUATAN (S)

KELEMAHAN (W)




1.
Pengelolaan manajemen dalam
1.
Kurangnya
promosi
dan




perusahaan baik

periklanan secara rutin




2.
Terbukanya pihak perusahaan
2.
Luasan perusahaan


Analisis Internal



dengan pihak luar
3.
Bidang pengendalian mutu




3.
Perijinan lengkap dan sertifikat
4.
Labelisasi kemasan





Halal
5.
Peralatan produksi




4.
Memiliki segmentasi pasar














5.
Memiliki tenaga kerja lokal dan








Terampil







6.
Memiliki produk yang bernilai




Analisis Eksternal







Ekonomis















7.
Pemasaran produk efisien dan








tidak memakan biaya tinggi







8.
Komunikasi terjalin baik antara















pihak perusahaan dengan








Karyawan






PELUANG (O)

Strategi S-O

Strategi W-O
1.
Pertumbuhan jumlah
1.
Memperkenalkan dan
1.
Melengkapi label kemasan

penduduk yang sangat cepat

memperluas pemasaran produk

produk (W4, O4)
2.
Perubahan gaya hidup

yang ada saat ini pada pasar baru
2.
Melakukan perekrutan

Masyarakat

(S1, S4, S7, O1, O2, 03)

karyawan di bidang tertentu
3.
Pertumbuhan pasar yang
2.
Meningkatkan kualitas produk

(W1, W3, O1, O4)

Tinggi

(S1, S5, S6, O3, O4)
3.
Meningkatkan mutu produk dan
4.
Loyalitas konsumen



pelayanan (W3, W4, W5, O4)


ANCAMAN (T)
Strategi S-T
Strategi W-T
1.
Munculnya banyak pesaing
1.  Meningkatkan  kreatifitas untuk1.
Meningkatkan upaya pemasaran

produk sejenis
produk baru yang lebih diminati
produk melalui kegiatan
2.
Kenaikan BBM dan bahan
konsumen (S4, S5, S8, T1, T3,
promosi yang intensif dan

Baku
T4, T5)
efisien (W1, T1, T3, T4, T5)
3.
Daya beli konsumen makin
2.
Membuat website mengenai

Menurun

Unggul Bakery (W1,
4.
Adanya produk pengganti

T1, T3, T5)

yang dapat mudah diperoleh
3.  Membuat kemasan produk yang

Konsumen

lebih menarik dari produk
5.
Munculnya monopoli produk

sejenis lainnya (W3, W4, T1,

tertentu terhadap pasar

T3, T5)


Tabel  Analisis Matriks SWOT Unggul Bakery

Alternatif strategi yang diperoleh dimasukkan ke dalam strategi yang telah dirumuskan pada matriks IE yaitu tumbuh dan bina (growth and build), yaitu:
1.    Strategi Penetrasi Pasar
Dengan melakukan perekrutan karyawan di bidang tertentu (WO2) dan meningkatkan upaya pemasaran produk melalui kegiatan promosi yang intensif dan efisien (WT1).
2.    Strategi Pengembangan Pasar
Dengan memperkenalkan dan memperluas pemasaran produk yang ada pada saat ini pada pasar baru (SO1).
3.    Strategi Pengembangan Produk

Dengan meningkatkan kualitas produk (SO2), meningkatkan kreatifitas untuk produk baru yang lebih diminati konsumen (ST1), melengkapi label kemasan produk (WO1), meningkatkan mutu pelayanan (WO3), serta membuat kemasan produk yang lebih menarik dari produk sejenis lainnya (WT3).
4.    Strategi Integrasi ke Depan

Dengan membuat website mengenai Unggul Bakery (WT2)



Comments

Popular posts from this blog

Arti Lirik Lagu Complicated – Dimitri Vegas dan Terjemahan

Maroon 5 Lyrics "She Will Be Loved" lirik

SOAL LATIHAN CHAPTER 1 : PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI