contoh membuat bisnis roti
BAB I
URAIAN
BISNIS
1.
.
Deskripsi Umum Perusahaan
Nama Perusahaan : Unggul Bakery
Tanggal berdiri :
1 april 2016
Alamat Perusahaan : Jl. Palapa 7
Jenis Perusahaan : Home Industry
Jumlah Karyawan :
15 orang
Produk : Kue Modern
2.
Riwayat
Perusahaan
Unggul Bakery
merupakan perusahaan (home industry) yang bergerak dalam bidang pengolahan
makanan (kue modern) yang dibentuk pada tanggal 1 april 2016.
3.
Visi dan Misi
Perusahaan
1. VISI
Dengan berlandaskan iman dan taqwa UNGGUL BAKERY menjadi salah satu perusahaan yang paling maju, produktif, dan
berkompetitif di
Indonesia.
2. MISI
a. Menciptakan tenaga kerja yang ahli dan kompeten serta memiliki imtaq dan
iptek yang kuat.
b. Memuaskan konsumen.
c. Menjadi perusahaan yang terdepan di bidangnya.
d. Memperluas lapangan kerja untuk kemakmuran mahasiswa dan masyarakat sekitar
tempat produksi pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya
4.
Struktur Organisasi
5.
Potensi
Pasar
Bisnis cake sekarang ini
memiliki potensi pasar yang sangat besar, terlebih variasi cake saat ini dapat
digemari oleh berbagai kalangan. Dari anak-anak, remaja, sampai lansia pun
dapat menikmatinya. Terlebih sekarang dengan adanya cake sehat yang terbuat
dari sayur2an yang sangat cocok dikonsumsi batita dan lansia. Dan dengan
seiring berjalannya waktu, kegunaan cake yang semula hanya untuk dikonsumsi,
sekarang banyak digunakan untuk memeriahkan moment-moment seseorang, seperti
satu bulanan bayi, anniversary, birthday, gift, natal, lebaran, valentine,
sovenir party, dll. Sehingga potensi-potensi yang ada semakin tinggi mengingat
pola konsumsi kansumen saat ini lebih menjurus kepada perhatian dari penampilan
dan kecocokan pada moment-moment tertentu.
6.
Jenis Usaha yang Dikelola
UNGGUL BAKERY
bergerak di bidang makanan yaitu pembuatan roti dan kue. Kami memilih usaha di
bidang makanan karena usaha ini disesuaikan dengan kebutuhan dan dengan
skill yang kami miliki serta faktor pendukung yang memadai untuk
megembangkan usaha ini.
7.
Jenis Usaha
yang Direncanakan
Kami sepakat untuk membuat suatu
usaha di bidang makanan yaitu pembuatan roti dan kue. Kami yakin usaha ini akan
berkembang dengan baik karena kami sudah menjalin kerjasama dengan beberapa
store roti dan kue serta dengan membuka store kue kami sendiri.
BAB II
URAIAN
BISNIS
2.1. Product (1)
Didalam bisnis cake ini, Unggul bakery memiliki beberapa product saat ini, antara lain:
Ø Tart / mini tart
Ø Cupcake
Ø Pudding roll cake
Ø Cookies dan kue kering
Ø Egg tart asin dan manis
Ø Pancake all varian
2.1.1.
Specifikasi
Unggul bakery memiliki beberapa ukuran cake, dari yang didalam cup sampai cake loyangan,
dan sekarang juga ada bentuk cake yang dapat disesuaikan dengan keinginan
konsumen.
Kami juga membuat berbagai
variasi warna pada cake buatan kami sehingga dapat menarik perhatian mata
konsumen ketika melihat-lihat cake kami. Dan kami juga sangat mengikuti
perkembangan cake didunia yang saat ini lebih memainkan berbagai perpaduan
warna, seperti rainbow cake, red velvet, ombre cake, dll.
Berbagai varian rasa pun kami
sajikan untuk memanjakan lidah para konsumen kami, beberapa kami padupadankan
beberapa varian rasa sehingga berbeda dengan cake pada umumnya, contohnya
pudding roll cake, perpaduan pudding coklat dan strawberry yang dipadukan
dengan lembutnya roll cake blueberry dan juga ada pancake yang dipadukan dengan
ice cream lembut berbagai rasa yang mirip seperti cream padat tetapi memiliki
tektur dan rasa yang berbeda dan tentunya rendah lemak.
2.1.2.
Kemasan (2)
Unggul bakery memiliki beberapa jenis kemasan ada yang terbuat dari mika transparent,
dus karton tebal, gold karton dan kami menggunakan gelas cup tebal untuk puding
dalam cup, dll. Kami juga memberikan berbagai asesoris seperti kartu ucapan,
pita, dll.
2.1.3. Varian
Unggul
bakery memiliki banyak varian cake,
dan salah satu varian cake yang menjadi andalan shop ini adalah brownies
cupcake yang sangat lezat dan lembut, tidak seperti cupcake lainnya yang
cenderung bertekstur lebih keras.
2.2. Price
2.2.1. Harga Bahan Baku
Harga bahan baku yang dikeluarkan dalam setiap produksi cake berkisar 20 –
40% dari harga jual.
2.2.2. Harga Bahan Pendukung
Harga bahan pendukung seperti kertas roti dan lain-lain berkisar 5-10% dari
harga jual yang kami berikan.
2.2.3. Harga
jual
Harga jual cake yang di
tawarkan cukup bervariasi dan sangat terjangkau bagi berbagai kalangan , tetapi
harga yang ada tetap selalu disesuaikan dengan tingkat kerumitan cake yang
dipesan, karena setiap cake yang dipesan, dibuat sesuai keinginan pelanggan,
antara lain berkisar :
Ø Cupcake :
Rp 20.000 – Rp 25.000
Ø Tart :
mulai dari Rp 110.000
Ø Pudding cup :
Rp 5.000 – Rp 8.000
Ø Pudding loyang :
Rp 120.000 – Rp 200.000
Ø Kue kering dan cookies : Rp
6.000 – Rp 60.000
Ø Egg tart :
Rp 6.000 - Rp 10.000
Ø Pancake cup :
Rp 7.000 – Rp 10.000
2.3. Place
Unggul bakery berlokasi di Jl. Palapa 7 No. 31Jakarta
Barat. Kami memilih lokasi tersebut, karenya tempatnya dekat dengan daerah
pemasaran yaitu disekitar ssekolah-sekolah terkemuka, dan warung-warung yang
dekat denan lokasi usaha tersebut.
2.3.1. Distribusi Product
Cake yang dijual di Unggul Bakery sebagian besar didistribusikan melalui online shop yang kemudian
diantar melalui kurir khusus kue untuk daerah jabodetabek.
2.4. Promotion
Kami menggunakan strategi berpromosi melalui beberapa
cara, diantaranya :
·
Dari hasil cake yang memuaskan pelanggan yang secara otomatis membuat
pelanggan yang puas mempromosikan cake kami melalui mulut kemulut
·
Melalui teknologi yang ada
·
Melalui organisasi-organisasi yang kami kenal dan ikut berpartisipasi dalam acara -acara
yang membutuhkan cake sehingga secara tidak langsung dapat mempromosikan cake kami.
Kami pun menggunakan berbagai media dalam
mempromosikan produk di kami, diantaranya melalui :
·
Media cetak, seperti iklan-iklan di majalah, melalui brosur-brosur yang
diedarkan, dll
·
Media online, seperti fanpage dan
facebook, instagram, line, dll
·
Media komunikasi, seperti bbm,
mulut ke mulut, dll
2.4.1. Potongan Harga
Kami selalu
memberikan potongan harga pada bulan-bulan tertentu sesuai dengan moment yang
ada. Sehingga pelanggan semakin tertarik dalam mengorder cake dishop kami. Dan
juga kami selalu
memberikan potongan harga pada setiap pelanggan tetap yang sudah lima kali
melakukan order dishop kami.
2.5. Segmentasi
Segmentasi
yang memungkinkan kelompok konsumen dalam mengkonsumsi produk kami adalah
kelompok menengah, karena harga yang kami tawarkan dapat disesuaikan dengan
kalangan menengah ke bawah maupun menengah keatas sehingga, berbagai kalangan
dapat menyesuaikan cake dengan budget yang mereka miliki, dan kami manawarkan
berbagai macam variasi yang tetap enak dan menarik bagi setiap konsumen
sehingga mereka banyak memiliki pilihan cake yang tetap berkesan dan sesuai
dengan kemampuan mereka.
2.6. Targeting
Target pasar yang cenderung kami
fokuskan untuk mengkonsumsi produk kami adalah kelompok menengah, baik menengah keatas
maupun menengah kebawah dapat mengkonsumsi produk kami.
Karena produk yang kami jual dishop ini sangat terjangkau dan dapat
disesuaikan dengan kemampuan pelanggan sehingga pelanggan dapat memilih sendiri
atau menyesuaikan kemampuannya dalam membeli dengan berbagai pilihan cake yang
kami tawarkan. Dan juga kami tetap menjaga kualitas dan hasil akhir dari
setiap produk kami.
Sehingga pelanggan tetap puas walaupun harga yang dikeluarkan lebih kecil
maupun lebih besar karena kami selalu menyesuaikan bentuk sederhana dengan
harga murah sampai bentuk rumit dengan harga yang sesuai, tetapi tetap memiliki
kualitas dan rasa yang terjaga baik.
2.7. Positioning
Image
produk yang akan ditanamkan dibenak konsumen atau pelanggan kami adalah
” sesuai dan memuaskan”. Karena kami selalu memberikan produk yang sesuai
dengan keinginan pelanggan sehingga pelanggan menjadi puas dengan produk saya.
Tag-line
yang saya berikan pada setiap produk di shop kami yaitu : ” anda adalah yang utama ”
Matriks Strengths, Weakness, Opportunities, and Threaths (SWOT)
Analisis SWOT merupakan suatu
kerangka analisis yang terintegrasi antara internal perusahaan dan lingkungan
eksternal, dengan membangun pendekatan SWOT (Assauri, 2013). Setelah mengetahui
Unggul Bakery dan didapatkan inti strategi berdasarkan kekuatan, kelemahan,
peluang dan ancaman, maka dapat diformulasikan alternatif strategi (Rangkuti,
2005). Berdasarkan analisis SWOT pada Tabel 5, terdapat 9 alternatif strategi
yang akan digunakan oleh Unggul Bakery untuk mengembangkan usahanya, yaitu:
1. Strategi S – O (Strong-Opportunities)
a.
Memperkenalkan dan memperluas pemasaran produk yang ada saat ini pada pasar
baru
b.
Meningkatkan kualitas produk
2. Strategi W – O (Weaknesses-Opportunities)
a.
Melengkapi label kemasan produk
b. Melakukan perekrutan karyawan di
bidang tertentu
c.
Meningkatkan mutu pelayanan
3. Strategi S – T (Strong-Threaths)
4. Strategi W – T (Weaknesses-Threaths)
a. Meningkatkan upaya pemasaran produk
melalui kegiatan promosi yang intensif dan efisien
b.
Membuat website mengenai Unggul Bakery
c.
Membuat kemasan produk yang lebih
menarik dari produk sejenis lainnya
Matriks
SWOT dapat dilihat pada Tabel 5.

|
|
|
|
KEKUATAN
(S)
|
|
KELEMAHAN
(W)
|
|
|
|
|
|
1.
|
Pengelolaan manajemen dalam
|
1.
|
Kurangnya
|
promosi
|
dan
|
|
|
|
|
perusahaan baik
|
|
periklanan secara rutin
|
|
|
|
|
|
2.
|
Terbukanya pihak perusahaan
|
2.
|
Luasan perusahaan
|
|
|
|
Analisis Internal
|
|
||||||
|
|
dengan pihak luar
|
3.
|
Bidang pengendalian mutu
|
|
|||
|
|
|
3.
|
Perijinan lengkap dan sertifikat
|
4.
|
Labelisasi kemasan
|
|
|
|
|
|
|
Halal
|
5.
|
Peralatan produksi
|
|
|
|
|
|
4.
|
Memiliki segmentasi pasar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
5.
|
Memiliki tenaga kerja lokal dan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Terampil
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Memiliki produk yang bernilai
|
|
|
|
|
Analisis Eksternal
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
Ekonomis
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
Pemasaran produk efisien dan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
tidak memakan biaya tinggi
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
Komunikasi terjalin baik antara
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
pihak
perusahaan dengan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Karyawan
|
|
|
|
|
|
PELUANG (O)
|
|
Strategi S-O
|
|
Strategi W-O
|
1.
|
Pertumbuhan
jumlah
|
1.
|
Memperkenalkan
dan
|
1.
|
Melengkapi
label kemasan
|
|
penduduk
yang sangat cepat
|
|
memperluas
pemasaran produk
|
|
produk
(W4, O4)
|
2.
|
Perubahan
gaya hidup
|
|
yang
ada saat ini pada pasar baru
|
2.
|
Melakukan
perekrutan
|
|
Masyarakat
|
|
(S1,
S4, S7, O1, O2, 03)
|
|
karyawan
di bidang tertentu
|
3.
|
Pertumbuhan
pasar yang
|
2.
|
Meningkatkan
kualitas produk
|
|
(W1,
W3, O1, O4)
|
|
Tinggi
|
|
(S1,
S5, S6, O3, O4)
|
3.
|
Meningkatkan mutu produk dan
|
4.
|
Loyalitas
konsumen
|
|
|
|
pelayanan
(W3, W4, W5, O4)
|
|
ANCAMAN (T)
|
Strategi S-T
|
Strategi W-T
|
1.
|
Munculnya
banyak pesaing
|
1. Meningkatkan kreatifitas untuk1.
|
Meningkatkan upaya pemasaran
|
|
produk
sejenis
|
produk
baru yang lebih diminati
|
produk
melalui kegiatan
|
2.
|
Kenaikan
BBM dan bahan
|
konsumen
(S4, S5, S8, T1, T3,
|
promosi
yang intensif dan
|
|
Baku
|
T4,
T5)
|
efisien
(W1, T1, T3, T4, T5)
|
3.
|
Daya beli konsumen makin
|
2.
|
Membuat website mengenai
|
|
Menurun
|
|
Unggul Bakery (W1,
|
4.
|
Adanya
produk pengganti
|
|
T1,
T3, T5)
|
|
yang
dapat mudah diperoleh
|
3.
Membuat kemasan produk yang
|
|
|
Konsumen
|
|
lebih
menarik dari produk
|
5.
|
Munculnya
monopoli produk
|
|
sejenis
lainnya (W3, W4, T1,
|
|
tertentu
terhadap pasar
|
|
T3,
T5)
|
Tabel Analisis Matriks SWOT Unggul Bakery
Alternatif strategi yang diperoleh
dimasukkan ke dalam strategi yang telah dirumuskan pada matriks IE yaitu tumbuh
dan bina (growth and build), yaitu:
1. Strategi Penetrasi Pasar
Dengan melakukan perekrutan karyawan di bidang tertentu (WO2)
dan meningkatkan upaya pemasaran produk melalui kegiatan promosi yang intensif
dan efisien (WT1).
2. Strategi Pengembangan Pasar
Dengan memperkenalkan dan memperluas
pemasaran produk yang ada pada saat ini pada pasar baru (SO1).
3. Strategi Pengembangan Produk
Dengan meningkatkan kualitas produk
(SO2), meningkatkan kreatifitas untuk produk baru yang lebih
diminati konsumen (ST1), melengkapi label kemasan produk (WO1),
meningkatkan mutu pelayanan (WO3), serta membuat kemasan produk yang
lebih menarik dari produk sejenis lainnya (WT3).
4. Strategi Integrasi ke Depan
Dengan membuat website mengenai Unggul
Bakery (WT2)
Comments
Post a Comment